-->

Layak Share

Memberi Informasi Kesehatan Terbaru Dan Terupdate.

Wednesday 16 December 2015

5 Alasan Kamu Jangan Pernah Sekolah di Korea Selatan

LayakShare - Pendidikan adalah pondasi utama dalam kemajuan bangsa, semua setuju tentang itu. Dengan pendidikan yang bagus maka akan lahir generasi hebat di masa mendatang serta mampu memajukan kehidupan dimasa mendatang. Jika semua proses pendidikan sesuai standar dan sesuai dengan porsi yang harus diterima oleh pelajar maka aktifitas belajar mengajar pun akan terasa mudah, namun kamu harus ketahui bahwa di Korea Selatan sistem pembelajaran nya bikin kamu sakit kepala ! kenapa? berikut faktanya... 


1. Jam belajar yang sangat panjang 
Jika di Indonesia secara umum waktu belajar biasanya dari pagi hingga siang hari (kecuali ada tambahan les ) maka tidak di korea selatan, mereka harus belajar selama 15 jam ! keseharian mereka dipenuhi dengan belajar, belajar, dan belajar.. 

2. Tekanan sukses dan persaingan yang luar biasa 
Di Korea Selatan, sukses tidaknya kamu mencari pekerjaan berpatokan pada status kehormatan di masyarakat, oleh sebab itu banyak warga Korsel mati-matian untuk menempuh pendidikan untuk menjaga gengsi di dalam masyarakat, oleh sebab itu muncul lah persaingan untuk saling mengalahkan satu sama lain. 

3. CSAT, Ujian Yang Bikin Ngeri Pelajar Korea! 
Tekanan ini juga diperparah dengan ujian final siswa SMA untuk bisa masuk perguruan negeri favorit. CSAT atau College Scholastic Ability Test, merupakan tes masuk perguruan tinggi dan ada tiga universitas sasaran utama: Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University sering disingkat menjadi ‘SKY’. Masyarakat Korea Selatan beranggapan jika gagal masuk SKY maka akan membuat masa depan suram, bukan hanya dalam mencari pekerjaan tapi katanya juga dalam mencari jodoh! 

Tak heran jika waktu ujian tiba, semua tempat ibadah penuh dengan orang tua yang berdoa dan polisi yang siaga di sepanjang jalan membantu pelajar untuk datang tepat waktu ke sekolah. Ujian CSAT ini benar-benar memberi tekanan besar bagi pelajar, karenanya pemerintah membantu dengan menciptakan kondisi kondusif di saat ujian. Mereka pun membuat larangan terbang dan mendarat pesawat di jam-jam saat berlangsungnya ujian serta larangan membunyikan klakson lho! 

4. Hukuman Fisik Masih Diberlakukan 
Para pelajar di Korea Selatan terus dituntut disiplin di sekolah. Tak hanya disiplin karena sistem pendidikan mereka yang ketat, namun karena aturan sekolah yang ternyata masih memperbolehkan hukuman fisik! Jadi di sekolah guru memiliki tongkat sakti yang disebut ‘tongkat disiplin’. Dengan tongkat ini, para guru mampu menanamkan rasa takut pada siswa dan tentu saja menjadi alasan lain mengapa siswa begitu bekerja keras menjadi pelajar yang baik! 

5. Mata Minus Jadi Penyakit Para Pelajar 
Harga yang harus dibayar dari 15 jam belajar adalah penyakit mata minus yang diderita para siswa. Belajar selama berjam-jam tanpa istirahat ini membuat miopi di Korea Selatan menjadi yang tertinggi di dunia. Miopia atau rabun jauh, merupakan penyakit mata di mana penglihatan menjadi kurang jelas pada benda ditempat yang jauh. Menurut data dari Universitas Teknologi Sydney, ada 96% dari masyarakat Korea Selatan saat ini menderita miopia.
Back To Top